Tips,  Travel

Kiat-kiat Nge-backpack

WhatsApp Image 2018-03-08 at 11.26.01

Dan lagi, seperti artikel sebelumnya (Alasan Amelia Menyukai Travelling) dan juga ke dua artikel selanjutnya gua bakalan ngebahas tentang beberapa pertanyaan dari Kartini. Masih sama seperti artikel sebelumnya, berawal dari Kartini gangguin gua melalui pesan whatsapp. Setelah pertanyaannya terjawab tentang alasan gua menyukai travelling, Kartini bertanya lagi tentang kiat-kiat menjadi backpacker sejati. Ingin rasanya gua jawab, “cari aja sih di google!” Tapi ya, it’s ok lah itu menandakan gua ini adalah traveller sejati. Cyaelahhh, jumawa kan.

Sebelum masuk ke kiat-kiat, mari bahas dulu sedikit tentang travelling. Travelling itu apa sih? Menurut gua, travelling  itu adalah berpergian dari satu tempat ke tempat lain baik itu tempat yang belum pernah dikunjungi maupun yang sudah pernah dikunjungi, dan tentu saja dalam perjalanan itu haruslah memiliki makna. Lalu, travelling itu ada berapa macam sih? Ada dua! Koper dan backpack. Apasih bedanya? Begini biar gua jelasin.

Koper

WhatsApp Image 2018-03-08 at 11.24.41 (2)

Dari judulnya saja sudah jelas kalo koper itu adalah jenis travelling yang haha hihi seperti artis yang badai. Semuanya gampang, tinggal masukin baju-baju yang cihui kemudian foto-foto sambil menikmati fasilitas dari tempat yang sudah kita sewa. Untuk jenis travelling koper ini, hampir semua bisa dilakukan karena budget yg gede, fasilitas ok, transport tersedia, makanan mewah, belanja tinggal tunjuk. Dan biasanya lebih ke kotaan, dan males buat back to nature. Seandainya pun back to nature, jelas kita duduk manis di beranda hotel atau vila yang menyuguhi pemandangan alam.

Backpack

WhatsApp Image 2018-03-08 at 11.24.41 (1)

Dan disinilah gua akan ngejelasin ke kalian apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat backpack. Sebelumnya gua akan ngejelasin secara singkat tentang backpack menurut pengalaman gua. Backpack, biasanya pakai ransel dan bawaannya ga banyak. Bawa baju sesuai kebutuhan saja, tidak berlebihan karena pegal juga lah ya bawa-bawa ransel berat-berat dan untuk anggaran biasanya dipress semaksimal mungkin.

Untuk backpacker begitu biasa disebut, ada beberapa hal yg tidak boleh/sebaiknya dihindari:

  1. Harga tiket mahal

Udah punya niat nge-backpack  ya masa iya cari tiket yang mahal. Kita harus rajin-rajin cari promo tentunya. Pantengin terus tuh maskapai-maskapai penerbangan atau pergi ke travelfair. Asal jangan telat info yaa, nyesel kalo telat! Haha.

  1. Hotel berbintang

Ya kali nge-backpack nyarinya hotel berbintang. Biasanya sih gua cari hotel yang gak ada bintangnya. Malahan gua pernah nginep di kosan pacarnya temen SMA gua sewaktu gua transit di Malaysia, saking mau ngiritnya. Ya walaupun akhirnya tetep ditagih sih. Ini bakalan gua ceritain di next story gua. Oiya, tapi gak masalah ya kalo misalkan kalian dapet diskonan atau promo atau kalo kalian diendorse buat icip hotel berbintang ketika kalian ngebackpack. Intinya, carilah tempat yang murah tapi aman dan nyaman. Toh jauh-jauh ke suatu tempat bukan buat tidur kan?

  1. Cari makan jangan ribet

Jangan cuma karena pengen check in di media sosial kalian jadi gagal ngebackpack dengan ngebela-belain pergi ke restoran yang paling terkenal di tempat itu tapi harganya selangit hanya karena gengsi. Carilah makanan di restoran biasa aja atau tempat makan yang dekat dengan objek wisata (tourist site). Selain biasanya murah, itu pun bisa menghemat ongkos transport kalian.

  1. Ambil uang di ATM yang ada chargenya ya guys! Dan kalo ke luar negeri jangan tukerin uang di bandara atau ATM with fees. Mending siapin dari jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan.
  2. Kemana-mana pakai taxi

Yah ini sih bener-bener udah hilang esensi backpack-nya. Lebih baik jalan kaki, atau rental kendaraan karena jauh lebih hemat ketimbang pakai taxi. Itu saran gua.

  1. Rasa malu

Jangan pernah malu untuk bertanya atau berinteraksi dengan warga lokal. Secara kalian lagi di tempat orang, lagi di daerah orang yang selengkap-lengkapnya informasi di tempat itu di internet tetap lebih tahu warga lokal. Kalo gak mau nyasar berkepanjangan, lebih baik bertanya dan jauh-jauh dari rasa malu.

Hal-hal yang harus atau boleh dilakukan:

  1. Sabar

Jadi backpacker  itu mengajarkan kita untuk tidak melakukan apa-apa serba gampang sehingga ngebackpack mengajarkan kita untuk menjadi orang yang sabar, karena bisa saja kita mengalami hal-hal sulit di tengah perjalanan. Namun semua itu akan mengasah  kita dalam mengatur strategi dan siasat.

  1. Bangun pagi-pagi

Masa iya sudah jauh-jauh berpergian bangunnya siang? Ingat! Kita menjatahkan waktu libur kita untuk travelling tidak banyak. Jangan sia-siakan waktu terbuang hanya untuk tidur di atas kasur.

  1. Siapin extra cash
  2. Membaur dengan warga lokal
  3. Pakai transport umum/rental kendaraan
  4. Menginap atau tinggal di rumah warga
  5. Get lost on purpose
  6. Bawa barang yang dibutuhkan saja

Itulah beberapa hal yang bisa gua sharing ke Kartini dan gua harap sih ke kalian juga para pembaca yang berniat untuk ngebackpack. Jangan manja ya, kalian harus strong!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Orlando Scandrick Jersey