Tips,  Travel

Hal Penting Sebelum Liburan

a

Gak mungkin dong, kalo liburan tinggal liburan aja? Itu namanya nekat sih menurut gua. Mau nikah aja butuh persiapan, eh gausah jauh-jauh deh. Mau masuk Perguruan Tinggi aja butuh persiapan, bahkan mau berangkat kerja aja butuh persiapan. Masa liburan gak butuh persiapan? Tentunya butuh banget dong.. Hal ini juga yang Kartini tanyakan pagi ini—melanjut dari postingan gua sebelumnya (Apa yang Harus Ditanam Dalam Benak Traveller).

Dengan senang hati, dengan rambut yang masih aut-autan, badan yang masin nempel dengan kasur yang sangat posesif, gua pun memijat layar ponsel gua untuk memenuhi pertanyaan Kartini.

Tentukan waktu berlibur

b
Kebun teh Ciater

Ini adalah hal yang sangat penting menurut gua. Apakah gua bakalan berlibur di waktu orang-orang liburan juga, atau gua berlibur di waktu orang-orang gak liburan. Keduanya ada plus minusnya sih. Kalo berlibur di waktu orang-orang liburan juga, kita bisa ga terlalu banyak ambil cuti atau izin (buat yang masih sekolah atau kuliah), tapi tentunya tempat yang kita kunjungin bakalan penuh dengan wisatawan lainnya. Kalo berlibur di waktu orang-orang gak liburan, kita harus ambil cuti yang cukup banyak atau izin dan tentunya belum tentu diacc yaa. Kalian bisa pilih itu.

Tentukan kemana mau berlibur

c
kuala lumpur

Mind destination kota atau Negara yang kalian tuju. Karena sebelum menikmati liburan, sebelumnya kita harus booking tiket pesawat atau kereta. Selain itu, setelah tiba di Kota atau Negara yang kita tuju, kita gak ngabisin waktu untuk mikir, where do we go now? Atau buat kalian yang suka foto dan dishare di instagram, bisa cari tempat yang anti mainstream sehingga seakan-akan baru kita saja yang pernah ke sini haha!

Biaya-biaya yang akan dikeluarkan

d
raja ampat

Ini sih namanya budgeting ya. Gak mau dong, udah sampe di sana kita malah kekurangan uang sehingga kita gak bisa pulang dan berujung mengemis supaya punya ongkos untuk pulang? Eh gimana itu. Nah, supaya hal tersebut gak kejadian, sebelum berangkat kita harus cari tahu cost tentang daerah atau negara yg akan dituju. Seperti: tiket pesawat, hotel atau hostel, transport disana , living cost, makanan dan lain-lain. Jangan lupa untuk siapkan uang lebih untuk biaya-biaya tidak terduga ya!

Make a plan activity/itinerary

e
universal studio singapore

Disini kalian harus siapin apa aja yg bakal dibawa seperti baju, toiletries, things, asalkan jangan terlalu berlebihan dan harus banget sesuai kebutuhan. Semua harus direncanakan dengan baik, ke sini hari ini mau pakai ini. Kesana hari itu mau pakai yang itu. Fashion is important, gak boleh salah kostum.

And the last but not least, sebuah petuah dari gua yang jam terbang travellingnya udah lumayan banyak. Sekali dua kali banyak kali ya sombongnya, “enjoying the activities on your holiday!” jangan inget tugas di kantor, jangan inget mantan gebetan, jangan inget mantan, jangan inget yang kramat-kramat pokoknya lah! Haha. Si Kartini selalu ngecengin ex-gebetan gua mukanya kramat. Dia ngeselin ya! Tapi bener T_T

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *