Tips,  Travel

Apa yang Harus Ditanam Dalam Benak Traveller

nh

 

Setelah beberapa waktu lamanya Kartini gak gangguin gua karena kesibukannya mengaudit perusahaan yang lebih dari satu itu, akhirnya gua digangguin lagi dengan pertanyaan-pertanyaan tak terduganya. Tapi perlu gua tegaskan, kalo gua senang ditanya-tanya sama Kartini karena berhubungan dengan kegiatan halan halan gua. Kalian kalo mau tanya apapun tentang suatu hal yang berbau travelling pun bisa tanya ke gua anytime.


Sabtu pagi ini, sesaat gua membuka mata gua, gua kedatangan chat dari Kartini. Pertanyaannya sih sederhana, “Apa yang harus ditanam dalam benak traveller?” sederhana tapi kritis sih. Dan beginilah jawaban gua:

1. Jangan takut

Kalo kata Kartini safar. Awalnya gua bingung apa itu safar? Tapi sekarang gua tahu karena udah dikasih tau lah ya tentunya dan menambah kosakata baru. Safar itu berpergian, katanya sih dimbil dari bahasa Arab.

Bali
Bali

Ngomong-ngomong tentang berpergian, tentunya timbul sesuatu di benak kita kalo di tempat itu nanti gua bakalan gimana ya? Kendala komunikasi gak ya? Bakalan nyasar gak sih? Aduh, nanti makannya gimana? Ketakutan-ketakutan itu haruslah dibuang jauh-jauh ya guys, daripada gak jadi-jadi. Ingat, kita ini dianugerahi mulut untuk bicara, kalo kendala bahasa, kita masih bisa menggunakan isyarat kok!

2. Saving money

Jalan-jalan butuh uang guys, mau itu nge-backpack, mau itu share cost intinya sih kita butuh uang. Bagi kalian yang masih sekolah atau kuliah, sisihkan uang jajan kalian untuk jalan-jalan. Bagi kalian yang udah bekerja, sisihkan uang kalian untuk nabung jalan-jalan yaa!

audimana

3. Dont think too much about:

• Time

asiatique the river front
Asiatique the river front, Bankok

Hey! You can go whenever you want! Bagi kalian yang masih sekolah atau kuliah, selesaikan dulu kewajiban yang diberikan, lalu sisihkan waktu untuk jalan-jalan. Bagi kalian yang sudah bekerja, manfaatkan tanggal-tanggal merah yang ada dan manfaatkan jatah cuti kalian!!

Uang

dreamland beach
dreamland beach, Bali

Guys, travelling gak melulu menghabiskan uang banyak. Jadi jangan terlalu pusing memikirkan kalo jalan-jalan harus menyiapkan uang yang banyak yaa. Sekarang ini banyak agen travelling yang menawarkan harga murah dengan sistem share cost, atau ya kalian coba lah ngebackpack sendiri supaya terasa esensi travelling-nya.

Teman

ternate
Ternate

Jalan-jalan sama teman memang menyenangkan. Perjalanan pun jadi lebih ramai karena ada orang lain yang bisa diajak ngobrol. Tapi, ga melulu waktu kosong kita samaan dengan waktu kosong teman. Ada juga teman yang tidak setuju untuk mengunjungi destinasi wisata ini itu. Ribet deh. Bukan berarti gua ngajarin supaya gak jalan-jalan sama teman yaa, bila saja hal-hal ribet itu terjadi yang bikin kalian gak jadi jalan mending jalan sendiri aja. Jangan bergantung sama orang lain, alone can be awesome! Lagian, hitung-hitung me time.

Ya, segitu aja sih yang bisa gua sharing ke Kartini pagi ini. Sebenarnya ada lagi pertanyaan lainnya dan tentunya bisa aja jadi pertanyaan kalian ya. Akan gua post di artikel berikutnya yaa!!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Orlando Scandrick Jersey